TUGAS MANDIRI
MAKALAH
ANALISIS KAMPUS IMWI
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
mata kuliah
Manajemen Strategi

Nama : Wisnu Septyan Martin
Jurusan : Administrasi Bisnis
Institut Manajemen Wiyata Indonesia
Jalan Gudang No. 7 – 9 Kota Sukabumi
43112 Jawa Barat Indonesia
Telp. (0266) 235 717
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan merupakan
salah satu faktor utama dalam menunjang kualitas masyarakat saat ini, kesalahan
dalam menjalankan pendidikan menjadi faktor utama dalam kegagalan bangsa. Kualitas
yang diterapkan dalam suatu proses pendidikan menjadi prioritas utama dalam
membangun sisi positif suatu perilaku masyarakat kedepannya, prilaku positif
menjadi tolak ukur dalam membangun suatu intensitas bangsa. Reformasi
pendidikan merupakan respon terhadap perkembangan tuntutan global sebagai suatu
upaya untuk mengadaptasikan sistem pendidikan yang mampu mengembangkan sumber
daya manusia untuk memenuhi tuntutan zaman yang sedang berkembang.
Manajemen strategi
merupakan salah satu ilmu dalam merencanakan serta mengevaluasi suatu proses,
agar menjadi dampak positif yang dihasilkan dalam perkembangan dikemudian hari.
Artinya dalam proses pendidikan juga perlu menggunakan manajemen strategi,
karena apa yang direncanakan dan diaplikasikan berikutnya adalah cikal dari adanya
dampak di masa yang akan datang.
Disini Institute
Manajemen Wiyata Indonesia Merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi,
dimana penulis menyajikan dan mengukur seberapa besar penerapan manajemen
strategi yang diterapkan di Kampus IMWI tersebut. Oleh karena itu penulis
menjadikan fenomena yang terjadi menjadi bahan analisis penulis dalam
mengerjakan Makalah yang berjudul Analisis Kampus IMWI.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Institute Manajemen Wiyata
Indonesia (IMWI)
Institut
Manajemen Wiyata Indonesia dengan akronim IMWI, adalah sebuah Perguruan Tinggi
Swasta yang terletak di Kota Sukabumi, Jawa Barat, yang secara geografis berada
di antara Kota Jakarta dan Kota Bandung. Kota Pegunungan yang memiliki udara
yang sejuk yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan
terletak di kaki Gunung Gede yang megah.
IMWI berada di
bawah naungan Yayasan Wiyata Indonesia yang diprakarsai oleh Ibu Dra. Mariati
Tirta Wiyata MBA dan Bapak Bambang Somantri Wijaya, SE. dengan semangat
kecintaan pada anak-anak Indonesia dan kepedulian terhadap masa depan mereka.
Pengangguran
angkatan kerja Indonesia, bahkan pengangguran di tingkat sarjana yang tidak
kunjung berakhir merupakan masalah yang menggerakkan Ibu Mariati bersama Bapak
Bambang bertekad untuk memberikan waktu, tenaga, pikiran serta materi yang
mereka miliki untuk memperjuangkan putra putri bangsa khususnya yang berada di
daerah Sukabumi dan sekitarnya untuk memiliki perbaikan kehidupan khususnya
dari sisi status pendidikan dan juga tingkat sosial ekonomi mereka.
Perjuangan
diawali dengan mendirikan lembaga pendidikan vokasi pada tahun 2006 di mana
peserta didiknya yang sudah lulus SMA/SMU sederajat dibekali dengan pengetahuan
dan keterampilan yang cukup memadai, berkualitas dan dilengkapi dengan
kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin, sehingga mereka dapat bersaing di
dunia kerja, baik untuk sektor industri maupun sektor jasa.
Dalam
perkembangan selanjutnya, pendiri Yayasan Wiyata Indonesia ingin dapat lebih
berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan dan keilmuan, serta memberikan
diri dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Sesuai dengan
arti kata WIYATA itu sendiri, wujud perjuangan yang ditempuh tentu memiliki
tujuan agar anak-anak Indonesia mendapat pendidikan yang memadai, berkualitas
dan memiliki masa depan yang lebih baik sehingga dapat siap menghadapi
persaingan dalam era globalisasi, sebagai bangsa Indonesia yang maju, berjiwa
entrepreneur dan memiliki komprehensif intelektual serta berkepribadian
nasional Indonesia. Maka Yayasan Wiyata Indonesia mengajukan permohonan izin
pendidikan tinggi kepada pemerintah, dalam hal ini Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
memberikan izin kepada Yayasan Wiyata Indonesia dengan Nomor 505/E/O/2014 untuk
menaungi dan mengoperasikan Institut Manajemen Wiyata Indonesia atau IMWI agar
dapat lebih berperan serta dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan
Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
INSTITUT
MANAJEMEN WIYATA INDONESIA (IMWI) merupakan lembaga pendidikan yang
berkedudukan dan berkantor pusat di Kota Sukabumi, dengan alamat Jalan Gudang
No. 09 RT. 03/05 Kelurahan Kebonjati Kecamatan Citamiang. Lembaga ini memiliki
maksud dan tujuan di bidang sosial khususnya bidang pendidikan yaitu untuk
menghasilkan tenaga ahli/ Manajer, dan para pengusaha muda yang berorientasi
pada kebutuhan dunia bisnis dan industri, dan pengembangan usaha, pada tingkat
regional, nasional maupun internasional. Untuk mencapai maksud dan tujuan
tersebut lembaga menjalankan kegiatan program pendidikan tinggi di bidang
manajemen dan bisnis yaitu jurusan Administrasi Bisnis, Akuntansi, Ilmu
Administrasi Perkantoran, Komunikasi, Manajemen serta Sistem Informasi.
B.
Visi dan Misi
Institute Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI)
Institut manajemen wiyata indonesia
(imwi) memiliki maksud dan tujuan di bidang sosial khususnya bidang pendidikan
yaitu untuk menghasilkan tenaga ahli/ Manajer, dan para pengusaha muda yang
berorientasi pada kebutuhan dunia bisnis dan industri, dan pengembangan usaha,
pada tingkat regional, nasional maupun internasional. Untuk mencapai maksud dan
tujuan tersebut lembaga menjalankan kegiatan program pendidikan tinggi di
bidang manajemen dan bisnis yaitu jurusan Administrasi Bisnis, Akuntansi,
manajemen, Komunikasi, Sistem Informasi serta Desain Grafis.
Visi
Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi
Berkualitas Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Profesional ,
Berbudaya, Baik Dan Memenuhi Kebutuhan Dunia Kerja.
Misi
1.
Menghasilkan lulusan yang bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, Unggul, dan berdaya saing dalam memenuhi kebutuhan
dunia kerja
2.
Meningkatkan mutu dan relavansi melalui
pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu, serta
pengabdian kepada masyarakat
3.
Menyelenggarakan manajemen pendidikan
yang berkualitas dan akuntabel, melalui pembangunan organisasi yang sehat,
dengan penguatan tata kelola dan pencitraan public. Menuju perguruan tinggi
yang mandiri
Berikut ini
akan diuraikan perbandingan IMWI dan perguruan tinggi lain yang ada di
Sukabumi menggunakan Matrik EFE, EFI dan CPM :
Tabel Matriks
EFE
Faktor Eksternal Kunci
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
(a)
|
(b)
|
(axb)
|
||
Peluang ( Opportunities
)
|
||||
1
|
fokus
mencetak lulusan yang berjiwa entrepreneur
|
12
|
3
|
36
|
2
|
daya beli masyarakat yang meningkat
|
10
|
2
|
20
|
3
|
peraturan
perguruan tinggi yag semakin disiplin
|
14
|
4
|
56
|
4
|
akses
teknologi dan informasi yang mudah
|
12
|
3
|
36
|
5
|
jumlah
penduduk yang besar
|
10
|
2
|
20
|
6
|
Lokasi yang
strategis
|
7
|
2
|
14
|
Ancaman
(Threaths)
|
||||
1
|
kondisi
pemerintah yang tidak stabil
|
10
|
2
|
20
|
2
|
pola pikir
masyarakat tentang pergguruan tinggi yang masih rendah
|
13
|
3
|
39
|
3
|
persaingan
yang tidak sehat
|
12
|
4
|
48
|
Total
|
100
|
Tabel Matriks
EFI
Faktor Internal Kunci
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
(a)
|
(b)
|
(axb)
|
||
Kekuatan (
Strenghts )
|
||||
1
|
proram
pengembangan SDM yang terpadu dan professional
|
7
|
2
|
14
|
2
|
program
akses kerja yang unggul
|
12
|
4
|
48
|
3
|
sistem pembelajaran
student center
|
10
|
2
|
20
|
4
|
jaringan
kerjasama perusahaan dan pemerintah yang baik
|
7
|
2
|
14
|
5
|
penerapan
tata tertib dan sistem kedisiplinan yang tinggi
|
12
|
4
|
48
|
6
|
pelatihan
kepemimpinan dan nasionalisme
|
10
|
3
|
30
|
Kelemahan (
Weaknesses)
|
||||
1
|
brand yang
belum dikenal masyarakat luas
|
7
|
2
|
14
|
2
|
mahalnya
biaya pendidikan
|
10
|
4
|
40
|
3
|
kuantitas
lulusan yang masih sedikit
|
12
|
4
|
48
|
4
|
akreditasi
|
13
|
4
|
52
|
Total
|
100
|
Competitive
Profile Matrik ( CPM )
Faktor
Penentu
Keberhasilan
|
Institute
Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI )
|
Bina
Sarana Informatika (BSI)
|
Universtitas
Muhammadiyah Indonesia (UMI)
|
||||
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
|
Eksistensi Perguruan
Tinggi
|
15
|
2
|
30
|
4
|
60
|
3
|
45
|
Fasilitas
|
10
|
2
|
20
|
4
|
40
|
4
|
40
|
Sistem
belajar
|
10
|
4
|
40
|
3
|
30
|
2
|
20
|
Biaya Perkuliahan
|
10
|
2
|
20
|
3
|
30
|
3
|
30
|
Akses Kerja
|
15
|
4
|
60
|
3
|
45
|
2
|
30
|
Pendidikan
Karakter
|
15
|
4
|
60
|
2
|
30
|
2
|
30
|
Lokasi
Perguruan Tinggi
|
15
|
4
|
60
|
2
|
30
|
2
|
30
|
SDM
Pengajar
|
10
|
3
|
30
|
2
|
20
|
2
|
20
|
TOTAL
|
100
|
|
320
|
|
285
|
|
245
|
Kesimpulan
Matrik IFE digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor internal untuk
melihat kekuatan dan kelemahan utama perusahaan terhadap fungsi-fungsi
bisnisnya, sedangkan matrik EFE memungkinkan perencana strategi untuk
mengevaluasi faktor-faktor eksternal seperti : Ekonomi, politik, sosial, teknologi
dan kondisi persaingan. Kedua matrix tersebut menggambarkan kondisi perguruan
swasta IMWI Kota Sukabumi. CPM adalah sebuah alat manajemen strategi yang
tepat dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing utama dalam
hubungannya dengan posisi strategis produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam
matrix ini terdapat membandingkan perguruan tinggi swasta IMWI dan kedua
pesaingnya yaitu Universitas Muhammadiyyah dan Bina Sarana Informatika. Dari
matrix tersebut kita dapat simpulkan bahwa pesaing lebih unggul dari segi
jumlah tenaga pengajar serta dari eksitensi kampus, karena kedua pesaing
merupakan kampus yang sudah lama berdiri dibandingkan dengan IMWI. Mengenai
akses kerja IMWI masih dibawah BSI, seperti yang kita ketahui BSI
bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan Dinas tenagakerja untuk mengadakan
Bursa Tenaga Kerja dengan menghadirkan beberapa perusahaan dan peserta dari
bursa tersebut untuk mahasiswa BSI, Alumni BSI serta masyarakat lain. Sedangkan
keunggulan IMWI dalam akses kerja yaitu berfokus pada mahasiswanya.
Saran
Kedepan IMWI lebih gencar lagi dalam mempromosikan kampus kepada masyarakat
Kota Sukabumi. Meningkatkan sarana dan prasana serta perluasan untuk akses
kerja bagi Almumni dan mahasiswanya.
Daftar Pustaka
Jurnal
“COMPETITIVE PROFILE MATRIX SEBAGAI ALAT ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK
ATAU JASA,MOHD. HARISUDIN”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar